Rabu, 15 Desember 2010

Komunikasi Data

7.1. Komunikasi Data

Komunikasi data adalah pergerakan data dan informasi yang dikodekan dari satu titik ke titik lain melalui peralatan listrik atau elektromagnetik.

7.2. Model Komunikasi Dasar

Bentuk komunikasi yang paling umum adalah ketika seorang bicara dengan orang lain.Dua elemen yang paling penting adalah sender(pengirim) dan receive(penerima).Ketika seseorang berbicara dengan orang lain,pengirim menggunakan pikiran dan suaranya sebagai coder untuk mengatakan komunikasi atau pesan dalam bentuk yang dapat ditransmisikan.Pesan tersebut harus melewati beberapa jenis pathway(jalan) atau channel(saluran) untuk  mencapai penerima.Telinga dan otak berfungsi sebagai decorder.

7.3. Komunikasi Data pada Komputer

Model komunikasi dasar dapat berfungsi sebagai dasar untuk diagam yang menunjukkan bagaimana data di komunikasikan oleh computer.Komunikasi data adalah perpindahan data dan informasi yang terkode dari satu point ke point lain dengan menggunakan peralatan elektrik,kabel fiber optic.Istilah lain yang digunakan adalah teleprocessing,telecom dan datacom.

7.4. Peralatan Komunikasi Data

Peralatan komunikasi ada 2, yaitu :
a.     Cluster control unit (unit pengontrol cluster) dimasukan ke jaringan bila jaringan tersebut mempunyai terminal yang banyak dalam satu lokasi seperti pada bagian accounting.
b.     Multiplexer memungkingkan channel untuk menangkap lebih dari satu pesan pada sekali waktu.

7.5. Software Komunikasi Data

Software member kemampuan kepada semua unit hardware datacom untuk bekerja sebagai sebuah sistem.Software dapat berada di segala point dalam jaringan tapi sebagian besar ditempatkan dalam host dan front-end processor.Selebihnya ditempatkan dalam unit  pengontrolan cluster dan terminal intelligent.Software tersebut mempunyai nama yang berbeda-beda tergantung tempatnya.

7.6. Manajer Jaringan

Manajer jaringan bertanggung jawab untuk merencanakan,mengimplementasikan dan mengontrol jaringan datacom perusahaan.Spesialis tersebut dapat meliputi analis jaringan yang menjalankan fungsi yang sama dengan analis sistem,analis software yang memprogram dan memelihara software datacom.Pada beberapa perusahaan,orang-orang tersebut dikenal sebagai manajer LAN.

7.7. Peranan Komunikasi Data dalam pemecahan masalah
    Ada 2 peran dalam pemcahan masalah komunikasi data, yaitu perseorangan dan organisasional.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar