Rabu, 15 Desember 2010

PENGENALAN PADA MANAJEMEN INFORMASI

1.      PENGENALAN PADA MANAJEMEN INFORMASI

1.1. Pentingnya Manajemen Informasi dalam Perusahaan
-          Meningkatnya kekompleksan tugas manajemen
-          Keberadaan alat untuk memecahkan persoalan

Manajemen Informasi

Manajemen sebagai suatu sumber yang memepunyai pola yang sama.Manajer tanggung jawab untuk mengumpulkan data mentah dan memprosesnya menjadi informasi yang dapat digunakan.Ia harus memastikan bahwa orang yang ada dalam perusahaan akan menerima informasi dengan bentuk yang tepat,pada saat yang tepat pula,sehingga informasi tersebut dapat digunakan untuk mendukung proses manajemen.Semua aktivitas ini disebut manajemen informasi atau information management.

Kepentingan Manjemen Informasi

Minat terhadap manajemen informasi telah meningkat sejak tahun-tahun terakhir ini,yaitu tidak hanya dalam dunia bisnis,namun juga di semua bidang dimana sumber dikelola.Dua alas an utama mengenai hal ini adalah: karena meningkatkan kekompleksan tugas manajemen dan keinginan untuk menggunakan peralatan pemecahan masalah yang lebih baik.

·         Meningkatnya kekompleksan Tugas Manajemen
 Semua perusahaan yang termasuk dalam ekonomi internasional,teknologi bisnisnya akan menjadi lebih kompleks,kerangka waktu untuk menetapkan keputusan juga makin rumit dan terdapat pula tekanan baik dari pesaing dan masyarakat.
Meningkatnya kekompleksan teknologi.Kita dapat melihat contoh teknologi dalam bisnis setiap hari,yaitu barcode scanner yang ada pada supermarket,sistem reservasi pelabuhan udara yang menggunakan  computer.terdapat banyak pula teknologi di balik layar yang tidak dapat kita lihat,misalnya robot yang digunakan dalam pabrik dan penyimpanan data pembelian otomatisc serta peralatan pendukung
·         Keberadaan Alat untuk memecahkan masalah
Kesemuanya ini terpusat pada teknik kwantitatif dan peralatan elektronik seperti komputer.Istilah management science dikenal sebagai metode kwantitatif yang diterapkan dalam skala luas misalnya dalam bidang keuangan dan marketing.Dibeberapa perusahaan para manajer mempunyai mikrokomputer sendiri atau micros.Biasanya micros ini disambungkan ke computer sentral untuk  membentuk jaringan pemecahan masalah yang terpadu.


1.2. Peranan Manajer dalam Pengelolaan Manajemen Informasi

·         Keterampilan manajemen

Ada banyak keterampilan yang bisa disebutkan yang harus dipunyai oleh seorang manajer yang berhasil namun dua diantaranya yang dianggap paling dasar adalah komunikasi dan pemecahan masalah.Manajer pada semua tingkatan dan dalam semua area fungsional akan berkomunikasi dengan orang yang memberikan laporan kepadanya dengan manaer lain dan dengan orang diluar organisasi.Komputer dapat digunakan oleh para manajer untuk meningkatkan keterampilannya baik dalam berkomnikasi dan memecahkan masalah.

·         Manajer dan sistem
Orientasi sistem sering diasosiasikan dengan manajemen modern.Dalam melakukan orientasi semacam itu manajer harus melihat perusahaannya sebagia sebuah keterpaduan unti fungsional yang bekerja untuk mencapai tujuan bersama.Unit dipadukan oleh masuknya sumber,seperti materi dan informasi dan keberadaan tiap unit yang lain.

1.3. Data dan Informasi
Data adalah kumpulan fakta berupa angka,simbol-simbol,suara,karakter dan lain-lain.Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berarti dan berguna bagi pemakainya dalam mengambil keputusan saat ini dan saat mendatang.
1.4. Komputer Sebagai Elemen dalam Sistem Informasi

Ketika perusahaan memutuskan untuk menggunakan komputer dalam sistem informasinya maka proyek jangka panjang dimulai yang mempengaruhi keseluruhan organisasi maupun berbagai elemen lingkungannya.Spesialis informasi membantu manajer untuk menyusun konfigurasi yang tepat.

1.5. Evolusi Sistem Informasi Berbasis Komputer

Usaha awal untuk menerapkan computer dalam area bisnis difokuskan pada data.Kemudian terdapat lagi penekanan pada informasi dan pembuat keputusan.

·         Fokus data (SIA / EDP)

SIA (Sistem Informasi Akutansi) melaksanakan akutansi perusahaan,aplikasi ini ditandai dengan pengolahan data yang tinggi.SIA melaksanakan 4 tugas dasar:
a.       Pengumpulan data
b.      Manipulasi data
c.       Penyimpanan data
d.      Penyiapan data

·         Fokus informasi (SIM)dasar

Definisi : Sistem berbasis computer yang menyiadakan informasi bagi pemakai dengan kebutuhan serupa(RaymondMcleod,JR) Elemen SIM : Hardware,Data base,model.Tujuan SIM adalah memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan atau dalam sub unit organisasional perusahaan.

·         Fokus pada pendukung keputusan (SPK)

Yaitu Sistem komputer  yang interaktif yang membantu pembuat keputusan dalam menggunakan dan memanfaatkan data dan model untuk memecahkan masalah yang tidak terstruktur.

·         Fokus  pada komunikasi (Otomatisasi Kantor)

Otomatisasi kantor adalah semua sistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi ke dan dari orang lain.Fungsi OA adalah untuk memudahkan segala jenis komunikasi baik lisan maupun tulisan dan menyediakan informasi yang lebih baik untuk pengambilan keputusan.

·         Fokus  konsultasi (Sistem Pakar)
Adalah program computer yang berfungsi yaitu member konsultasi kepada pemakai   mengenai cara pemecahan masalah.Komponen sisitem pakar :
a.      User interface
b.      Knowledge base
c.       Inference Engine
d.      Development Engine

1.6. Upaya Pencapaian Sistem Informasi Berbasis Komputer
·         Pencapaian CBIS
Dalam beberapa hal,tiap subsistem CBIS adalah seperti organism hidup,yaitu ia lahir,tumbuh dan matang,berfungsi dan akhirnya diamati.Proses ini disebut system life cycle(SCL) dan terdiri dari fase berikut ini :
a.       Perencanaan
b.      Analisis dan disain
c.       Implementasi
d.      Operasi dan Kontrol
Life cycle adalah subsistem CBIS khusus yang mungkin hanya mempunyai aktu beberapa bulan atau mungkin beberapa tahun.DSS yang memproyeksikan gambaran agen dan perekrut untuk perusahaan asuransi jiwa telah digunakan sejak pertengahan tahun 1980-an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar